°Pengertian Pasar Monopoli°
Pasar monopoli adalah suatu bentuk atau jenis pasar yang hanya terdapat
satu kekuatan atau satu penjual atau satu perusahaan yang menguasai seluruh
penawarannya. Pada pasar ini tidak ada pihak lain yang dapat menyainginya,
sehingga menjadi pure monopoly atau monopoli murni. Perusahaan yang monopoli
menghasilkan produk yang tidak diproduksi oleh perusahaan lain, tidak ada
pengganti yang mirip. Contoh pasar monopoli adalah perusahaan negara, perusahaan
minyak bumi serta gas alam dan lainnya.
°Ciri-ciri Pasar Monopoli°
Pasar monopoli memiliki ciri-ciri yang sangat bertentangan dengan ciri-ciri
yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna. Adapun ciri-ciri pasar monopoli
adalah sebagai berikut:
1) Di dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual. Barang atau jasa
yang dihasilkan hanya dapat dibeli di pasar monopoli, tidak tersedia di tempat
lain.
2) Jenis barang yang diproduksi atau dijual tidak ada barang penggantinya, nosubstituties
yang mirip. Barang yang dihasilkan merupakan satu-satunya dan jenis barang
tersebut tidak dapat digantikan oleh barang lainnya.
3) Adanya hambatan atau rintangan atau barriers bagi perusahaan baru yang
akan masuk ke dalam pasar monopoli. Hambatan ini merupakan faktor kuat mengapa
pasar monopoli terbentuk. Hambatan dapat berupa legalistas yaitu dibatasi oleh
undang-undang, hambatan teknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat tinggi
sehingga barang sulit ditiru, atau hambatan modal yaitu perlunya modal
besar dalam memproduksi barang sejenis.
4) Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai keinginannya.
Namun demikian, Penjual ini tidak mempengaruhi harga dan output dari produk
lain yang dijual atau ditawarkan dalam perekonomian.
5) Sifat monopolinya menyebabkan Perusahaan tidak memerlukan promosi atau
iklan dalam memasarkan produknya. Tidak ada barang alternatif atau penggantinya
menyebabkan pembeli terpaksa membeli hasil produksi dari perusahaan monopoli.
Karena hanya ada satu penjual maka iklan tidak terlalu diperlukan. Hal ini
disebakan banyak konsumen yang sudah tau bahwa produsen tersebut menjual barang
tersebut. Namun jika perusahaan melakukan kegiatan advertising hal itu bukan
ditujukan untuk menarik konsumen namun sebagai wujud memelihara hubungan baik
dengan masyarakat dan konsumen yang membeli produk perusahaan tersebut.
°Sistem Harga
Pasar Monopoli°
Karena produsen monopoli adalah satu-satunya produsen di pasar, maka kurve
permintaannya juga kurve permintaan pasar. Kurve permintaan pasar turun dari
kiri atas ke kanan bawah berarti produsen bisa mempengaruhi harga pasar dengan
jalan menaik-turunkan produksinya.
Pada pasar monopoli penjual menjadi penentu harga di pasar (price maker).
Penjual akan selalu berusaha mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dengan
memaksimumkan harga. Dalam pasar persaingan sempurna kita bisa berbicara
tentang kurva penawaran pasar, akan tetapi dalam pasar monopoli hal ini tidak
relevan didiskusikan. Mengapa? Karena dalam pasar monopoli hanya ada satu
perusahaan saja dalam pasar. Dan kurva penawaran pasar monopoli hanya merupakan
sebuah titik. Pada saat dimana MR = MC. Jika kurva permintaan berubah, maka
kurva MR otomatis berubah, dan kurva penawaran pasar. Yaitu output yang
memberikan laba maksimum (saat MR = MC), yang merupakan suatu titik, diketahui
bagaimanapun, menghubungkan titik keseimbangan pada kurva–kurva permintaan
tidak memberikan pengertian apa–apa secara ekonomi. Dengan ringkas, perusahaan
monopoli mempunyai kurva penawaran yang tidak jelas pembatasannya.
°Peran Pasar
Monopoli Terhadap Perekonomian°
1. Sebagai sarana bagi pemerintah atau negara untuk melindungi kekayaan
negara yang menghidupi hajat hidup orang banyak.
2. Meningkatkan kreativitas dan inovasi pelaku pasar dalam rangka
mempertahankan monopoli sekaligus menciptakan produk yang berkualitas
3. Sebagai sarana untuk melindungi hak kekayaan intelektual melalui
kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Misalnya melalui undang-undang kekayaan
intelektual
4. Mendongkrak kemajuan perekonomian negara sekaligus meningkatkan
kesejahteraan rakyat.
Kurva pasar monopolinya salah mbak :)
BalasHapusHarga terbentuk saat MR = MC untuk keuntungan maksimal, bukan MR = AC